Cara Sederhana Melepaskan Kemarahan

Menunggu dalam antrean panjang, kemacetan lalu lintas, transportasi umum penuh, komentar negatif dari orang lain secara alami membuat kita emosional. Meskipun marah adalah reaksi normal terhadap stres, menghabiskan waktu dengan kemarahan dan penyakit hati tidak ada artinya. Selain itu, sering marah juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kegelisahan yang berlebihan. Untuk mencegah hal ini, sahabat Fimela harus belajar mengatasi amarah.

Studi Sumber Tepercaya dari 2010 menunjukkan bahwa mengekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat dapat mengurangi penyakit jantung. Berikut adalah cara sederhana untuk menangani kemarahan dengan benar, dilaporkan dari saluran kesehatan.

1. Ambil napas dalam-dalam

Cobalah bernapas perlahan dan terkendali jika Anda merasa marah. Tarik napas dalam, bukan dari dada. Ini bisa membuat Anda lebih tenang.

2. Katakan sesuatu yang bagus

Mengulangi kalimat yang menenangkan membuat Anda lebih mudah mengekspresikan perasaan, bahkan ketika Anda sedang marah dan frustrasi. Coba ulangi kata-kata seperti “Tenang saja” atau “Semuanya akan baik-baik saja”.

4. Mengekspresikan frustrasi

Kemarahan tidak membantu Anda, sahabat Fimela dapat mengekspresikan frustrasi dengan menceritakan masalah kepada teman atau keluarga. Dan berikan ruang untuk dirimu sendiri.

5. Meredakan kemarahan dengan humor

Temukan humor ketika emosi dapat membantu Anda mempertahankan perspektif yang seimbang. Jadi yang terbaik adalah mencari hal-hal yang bisa membuat Anda tertawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *